Social Icons

Pages

Jumat, 31 Januari 2014

7 kopi terbaik dan termahal di Dunia


Kopi merupakan minuman favorit bagi sebagian orang yang mengidolakannya. Sejak zaman dulu sampai sekarang penggemar kopi terus bertambah dari berbagai kalangan di seluruh negara. Menurut beberada sumber, kopi dapat menghilangkan rasa kantuk. Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta.
 Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu.
Namun seiring berkembangnya zaman, saat ini banyak berbagai jenis kopi yang ada di dunia ini. Beda negara pastinya beda juga cita rasa dan harganya. Memang cita rasa setiap orang berbeda-beda, tapi disini kita akan menampilkan 7 kopi terbaik dan terenak didunia.
1.    Kopi Luwak – Indonesia
Kopi Luwak adalah kopi yang diproduksi dari biji kopi yang telah dimakan dan melewati saluran pencernaan binatang luwak. Keunikannya terletak, selain berasal dari biji kopi tapi juga telah dikonsumsi hewan yang bernama luwak. Sebelum dapat diproduksi, biji kopi harus terlebih dahulu melewati sistem pencernaan luwak. Kopi ini banyak diminati oleh berbagai negara. Bahkan di Amerika Serikat, terdapat kafe atau kedai yang menjual kopi luwak dengan harga yang cukup mahal. Kopi yang dikais dari kotoran luwak ini bisa mencapai harga : $160 per pon atau Sekitar 3 juta rupiah perkilonya.
2.    Kopi "Hacienda La Esmeralda" - Boquete, Panama
Hacienda La Esmeralda merupakan kopi yang ditanam khusus di Boquete, Panama. Penikmat kopi di dunia menyukai kopi jenis ini karena rasanya yang unik. Kopi ini sebagian besar dibudidayakan di bawah pohon jambu tua. Jika anda ingin mencicipi keunikan dari kopi ini maka anda harus bersiap-siap merogoh kantong anda sebesar $104 per pound atau sekitar 2 juta rupiah perkilonya.
3.       Kopi Pulau St Helena dari St Helena
Pulau St Helena terletak sekitar 1.200 kilometer dari pantai Afrika. Di wilayah ini terdapat budidaya kopi St Helena. Kemasyhuran kopi ini terangkat berkat Napoleon Bonaparte, yang mengenalkan dan menaburkan sendiri benih kopi ini di Pulau St Helena. Harga kopi ini ditafsir mencapai $79 per pon atau atau sekitar 1,5 juta perkilonya.
4.    Kopi "Fazenda Santa Ines" - Minas Gerais, Brazil

Kopi ini dianggap sebagai salah satu kopi terbaik dalam sejarah.  kopi ini adalah kreasi terbaik dari Cafe Artigiano, yaitu sebuah kafe terkenal di Kanada dan dua cabang kedai kopi lainnya Australia. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $50 per pon atau sekitar 940 ribu rupiah perkilonya.
5.       Kopi "El Injerto" - Huehuetenango, Guatemala

Kopi El Injerto adalah jenis kopi yang berasal dari Huehuetenango, wilayah Guatemala. Pada tahun 2006, kopi ini berhasil merebut Piala Excellence of Grand Prize. Jika anda panasaran akan nikmatnya kopi ini, anda harus mengeluarkan setidaknya $50 per pon atau setara dengan Rp 470 ribu/setengah kg.
6.       Kopi Los Planes dari Citala, El Salvador

Kopi Los Planes adalah jenis kopi yang ditanam di Citala, El Salvador. Pada Piala Excellence of Grand Prize pada 2006, ia menerima posisi kedua, setelah kopi El Injerto. Harga US$ 40 per pon atau sekitar Rp 460 ribu/setengah kg  untuk kopi memang terasa cukup mahal, namun bagi anda yang penasaran wajib mencoba sensasi kopi ini.
7.       Kopi Hawaii Kona dari Hawaii

Kopi The Hawaiin Kona adalah sebutan untuk kopi komersial yang dibudidayakan dan tumbuh di Mauna Loa dan lereng Hualalai. Daerah tersebut  terletak di Selatan dan Utara Kona, Pulau Hawaii.  Hanya kopi yang berasal dari kabupaten ini yang dapat disebut sebagai 'Kona'. Kopi ini terkenal dengan rasanya yang nyaman, dan apibal anda ingin mencicipinya siapkan uang sebesar  US$ 34 per pon atau sekitar Rp 450 ribu/setengah kg.




source :liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates