Social Icons

Pages

Rabu, 29 Januari 2014

Fakta-fakta dibalik mimpi


Mimpi adalah hal yang wajar saat kita tidur. Bahkan ada pepatah yang mengatakan kalau mimpi adalah bunga tidur, entah itu mimpi baik maupun mimpi buruk. Namun ternyata ada fakta-fakta menarik dibalik mimpi-mimpi kita. Berikut adalah fakta-fakta menarik mengenai mimpi :








1.     Sebagian besar mimpi tidak terlalu menyenangkan
Beberapa studi yang pernah melakukan penelitian menunjukkan bahwa mimpi cenderung jadi menakutkan karena pada dasarnya seseorang sedang mempersiapkan usaha agar bisa bertahan hidup untuk mengantisipasi kenyataan hidup yang ada.


2.     Mimpi bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan
Studi terbaru menunjukkan bawa mimpi buruk kadang terkait dengan kondisi jantung dan migrain. Bahkan, dr Patrick McNamara, ahli saraf di Boston University Medical School mengatakan bahwa infeksi pada tubuh bisa meningkatkan jumlah gelombang tidur.
"Sehingga tidur kita jadi terlambat dan lama-kelamaan saat tidur kita juga dipengaruhi kesadaran hingga menyebabkan mimpi yang 'nyata' dan halusinasi yang aneh," kata Patrick.

3.     Mimpi basah juga dialami wanita
Meskipun banyak penelitian yang menemukan bukti bahwa pria mencapai orgasme selama bermimpi, wanita pun mengalami hal itu. Penelitian tahun 1986 terhadap mahasiswa, menemukan bahwa 37 persen wanita mengalami orgasme nokturnal (orgasme saat bermimpi).

4.    Mimpi bisa melumpuhkan Anda meski sesaat
Selama fase tidur rapid-eye movement (REM), otot akan menjadi lumpuh meskipun terkadang ada orang yang bermimpi melakukan kegiatan seperti berlari atau melompat. Penelitian telah menunjukkan bahwa dua sistem kimia otak yang kuat bekerja sama untuk melumpuhkan skeletal otot selama tidur REM. Selama bermimpi, otak memerintahkan tubuh agar lumpuh untuk menghindari gerak fisik di dunia nyata.

5.    Saat bermimpi penglihatan lebih baik daripada pendengaran
"Mimpi cenderung bersifat lebih visual dari pendengaran sebab pendengaran pun harus dirangsang dengan sentuhan. Sehingga, mayoritas kemampuan yang digunakan saat bermimpi adalah melihat," kata dr Robert Stickgold dari Harvard Medical School.

6.     Lupa 90% mimpi. Saat kita terbangun selama lima menit, kita akan lupa setengah dari mimpi. Sementara dalam 10 menit, kita sudah melupakan 90% mimpi itu.

7.    Orang buta juga bermimpi. Orang yang buta setelah dilahirkan tetap bisa melihat dalam mimpinya. Namun orang yang terlahir buta tidak melihat gambar apapun. Mimpi mereka dibentuk dari suara, bau, sentuhan, dan emosi.

8.    Dalam mimpi, kita hanya melihat wajah yang sudah dikenal.Meskipun kita tidak ingat dengan wajah yang kita pernah temui dalam mimpi, mereka tetap adalah orang-orang yang sudah kita kenal. Sebab otak telah menampung ingatan wajah itu untuk dikeluarkan kembali dalam bentuk mimpi.

9.    Tidak semua mimpi orang berwarna. Sebanyak 12% dari orang-orang di seluruh dunia punya mimpi yang tidak berwarna atau hanya hitam dan putih saja.

10.              Mimpi adalah simbol. Jika kita memimpikan tentang suatu hal, maka belum tentu mimpi itu benar-benar mengenai hal tersebut. Mimpi adalah simbol yang tidak bisa selalu diartikan secara langsung.

11.              Mimpi empat sampai tujuh kali dalam semalam. Rata-rata kita bisa bermimpi satu atau dua jam setiap malam. Jika ditotal, tidur semalaman bisa membuat kita bermimpi empat sampai atau tujuh kali.

12.              Hewan juga bermimpi. Coba perhatikan anjing. Terkadang saat tidur mereka seolah sedang berlari dan bersuara seolah tengah mengejar sesuatu. Itu artinya hewan juga bermimpi.

13.              Penyatuan mimpi. Pikiran kita bisa terpengaruh akibat stimulus yang berasal dari luar. Maka dari itu terkadang suara dari dunia nyata bisa masuk ke dalam mimpi , namun memiliki interpretasi yang berbeda-beda.

14.              Mimpi yang jadi nyata. Sebuah penelitian menyebutkan sebanyak 18-38% orang pernah mengalami mimpi yang menjadi nyata. Sementara ada 70% orang yang merasakan deja vu. Mempercayai mimpi bisa menjadi kenyataan juga meningkatkan kesempatan itu sebesar 63-98%.

15.              Mendengkur sama dengan tidak bermimpi. Konon ketika kita  mendengkur saat tidur, artinya kita sedang tidak bermimpi. Memang belum ada penelitian tentang hal ini, namun banyak informasi tersebut yang tersebar di dunia maya.
Mungkin dari penjelasan diatas ada fakta-fakta yang aneh mengenai mimpi. Tapi itulah mimpi.



source: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates