Social Icons

Pages

Rabu, 29 Januari 2014

AWAS !!!! KENALI KANKER PAYUDARA


Apa kanker payudara itu ???
Kanker payudara adalah kanker/tumor ganas yang menyerang  pada jaringan payudara.Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 di antara 1000. Frekuensi kasus penyakit ini relatif
tinggi di negara maju dan merupakan yang terbanyak diderita dari jenis kanker lainnya. Sedangkan di Indonesia,
kanker payudara menempati peringkat kedua setelah kanker serviks.
Gejala-gejala kanker payudara
·      Adanya benjolan pada payudara yang dapat diraba.
Umumnya benjolan terdapat di bagian bawah kulit payudara, dan ukurannya kurang lebih sebesar kacang polong. Bila benjolan tersebut ditekan dan dapat bergeser, berarti kanker payudara masih masuk ke dalam gejala awal yang ringan dan bisa langsung ditangani. Tetapi jika benjolan sudah tidak digeser dan terasa keras, artinya kanker sudah memasuki stadium lanjut. Benjolan ini juga bisa ditemukan di permukaan ketiak.
·      Perubahan bentuk dan ukuran payudara.
·      Pembengkakan dan nyeri di bagian puting
Payudara yang membengkak dan terasa berat atau nyeri perlu diwaspadai. Tidak seperti pembengkakan payudara pada wanita yang sedang hamil, pembengkakan akibat kanker akan terlihat tidak sama besarnya antara payudara kanan dan kiri. Untuk membedakan dengan kista, lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan sinar ultrasonik. 
·      Adanya cairan (darah atau nanah-berwarna kuning sampai kehijauan) yang keluar dari puting susu.
Cairan yang keluar dari puting susu biasanya berbentuk darah atau nanah yang berwarna kuning kehijauan. Umumnya tidak keluar terlalu banyak, tetapi cukup mengganggu dan biasanya diikuti dengan rasa nyeri pada permukaan payudara dan rasa gatal pada daerah sekitar puting. Lakukan konsultasi dengan dokter spesialis untuk melakukan pemeriksaan ductogram, yaitu sejenis pemeriksaan kelenjar susu dengan mengamati cairan yang keluar lewat mikroskop.
·      Perubahan pada puting susu seperti gatal, terasa terbakar, dan tertarik ke dalam (retraksi).
Meskipun jarang terjadi, pertumbuhan sel kanker payudara di sekitar areola (lingkaran cokelat di sekitar puting) juga bisa menyebabkan puting tenggelam atau menjorok ke dalam. Jika gejala ini muncul tiba-tiba dan bertahan hingga beberapa minggu, ada kemungkinan terjadi pengencangan kelenjar susu yang diakibatkan oleh terdesaknya sel tumor atau kanker.
·      Adanya kerutan-kerutan (seperti jeruk purut) pada kulit payudara dan perubahan warna serta tekstur pada kulit.
Biasanya warna kulit payudara akan memerah dan terdapat permukaan yang bersisik seperti kulit jeruk. Kulit akan terasa kasar dan kaku, disertai dengan timbulnya luka yang bengkak dan terasa panas. Biasanya pada ibu menyusui payudara juga akan merasakan hal seperti ini, tetapi bedanya permukaan kulit tidak menyerupai kulit jeruk. Perhatikan bedanya dengan seksama.
·      Pada stadium lanjut bisa timbul nyeri tulang, penurunan berat badan, pembengkakan lengan atau ulserasi kulit.
Faktor penyebab kanker payudara.
            Saat ini, salah satu faktor yang sudah terbukti dalam proses terjadinya kanker adalah hormon estrogen. Estrogen merupakan hormon kelamin sekunder yang berfungsi untuk membentuk dan mematangkan organ kelamin wanita, termasuk payudara, selama pubertas.Estrogen memicu pertumbuhan dan pematangan sel di organ kelamin wanita yang disebut selduct. Sel duct ini kemudian akan membelah secara normal. Saat-saat pematangan sel duct ini merupakan saat yang paling rentan bagi sel tersebut terkena mutasi.Jika ada satu sel yang mengalami mutasi akibat faktor keturunan, radiasi, radikal bebas, dll, maka sel tersebut dapat membelah secara berlebihan yang seterusnya akan berkembang menjadi kanker.
Selain faktor diatas, faktor keturunan juga berpengaruh terhadap timbulnya kanker payudara. Selain itu para wanita yang suka mengkonsumsi pil hormon juga dapat memicu timbulnya kanker payudara pada wanita. Disamping itu juga, menurut beberapa sumber penggunaan kosmetik  yang bahan-bahan kosmetiknya bersifat seperti hormon estrogen, juga dapat memicu terjangkitnya kanker payudara.

Cara pencegahan terhadap kanker payudara
            Kanker payudara merupakan momok bagi setiap perempuan. Karena itu apa yang seharusnya dilakukan oleh orang-orang terutama perempuan untuk mencegah kanker payudara ??
1.      Lakukan deteksi dini (pemeriksaan sendiri) setiap bulan setelah masa haid  dan pemeriksaan klinis (mammografi dan biopsi).
2.      Hindari mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi.
3.      Penggunaan obat atau alat kontrasepsi yang mengandung hormon harus atas petunjuk dokter.
4.      Menyusui bayi selama mungkin (sampai sekitar 2 tahun).
5.      Banyak mengonsumsi buah dan sayur serta kedelai termasuk produk olahannya. Semakin banyak buah dan sayuran yang dimakan, semakin berkurang resiko untuk semua kanker, termasuk kanker payudara. Makanan dari tumbuh-tumbuhan mengandung anti-oksidan yang tinggi, diantaranya vitamin A, C, E dan mineral selenium, yang dapat mencegah kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab terjadinya kanker. Sedangkan kedelai mengandung estrogen tumbuhan yang dapat mengurangi pemicu terjadinya kanker payudara.
6.      Jangan mengkonsumsi daging yang dimasak terlalu matang. Karena Daging-daging yang dimasak/dipanggang menghasilkan senyawa karsinogenik (amino heterosiklik). Semakin lama dimasak, semakin banyak senyawa ini terbentuk, sehingga lama-kelamaan akan mempengaruhi resiko terjangkitnya kanker payudara.
7.      Hindari alkohol
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa semakin banyak mengkonsumsi alkohol, maka resiko kanker payudara semakin bertambah karena alkohol meningkatkan kadar estrogen dalam darah sesorang.

Itulah tadi uraian mengenai kanker payudara mulai dari gejala-gejalanya sampai cara pencegahannya. Kesehatan memang sangat penting oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan kita dan biasakan hidup sehat.



source : deherba.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates